Lengkap! Panduan Sewa Mobil Bali: Cara Memilih, Sewa Mobil Lepas Kunci, Harga, Syarat, Tips, Keuntungan, dan Cara Menyewa

Daftar Isi show

Bali adalah salah satu pulau dengan sejuta tempat wisata yang akan memanjakan mata Anda. Banyak sekali pilihan transportasi di Bali, akan tetapi banyak orang memilih melakukan sewa mobil Bali karena lebih praktis dan lebih efisien. Banyak orang memilih menggunakan mobil sewa dibandingkan dengan transportasi umum pada saat wisata. Ingin tahu informasi yang lebih lengkap mengenai sewa mobil ini? Beriku penjelasannya secara lengkap:

Bagaimana Cara Memilih Sewa Mobil Murah di Bali?

Di Bali ada banyak sekali agen penyewaan mobil karena memang menjadi santapan empuk para wisatawan. Bahkan persaingan antara satu dengan yang lainnya sangat ketat. Hal ini sering memunculkan oknum penyewaan yang tidak pertanggung jawab. Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara memilih sewa mobil murah di Bali berikut ini:

  1. Pilih yang sudah Memiliki Nama Terkenal dan Dipercaya Masyarakat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jasa sewa mobil yang sudah terkenal di masyarakat. Pastikan jasa sewa yang Anda pilih merupakan jasa sewa mobil yang terpercaya di Bali. Cek namanya dan lihat bagaimana orang menilai jasa tersebut.

Anda bisa mencari pada forum diskusi atau bisa juga dengan mendengar langsung dari pelanggan sebelumnya mengenai pelayanan dari jasa sewa tersebut. Pastikan bahwa jasa sewa mobil itu memiliki review yang baik bagi para pelanggan-pelanggan sebelumnya sehingga walaupun Anda bukan orang Bali tidak akan tertipu atau dimanfaatkan oleh berbagai oknum.

  1. Pilih yang Memiliki Armada yang Super Lengkap

Selanjutnya adalah pilih yang memberikan fasilitas armada yang lengkap. Umumnya para wisatawan ada yang datang sendiri, berdua, bertiga, atau bahkan dengan banyak orang. Hal ini yang biasanya membedakan antara armada satu dengan yang lainnya. Jika yang menggunakan hanya satu atau dua orang saja mungkin hanya perlu menggunakan armada yang ukurannya kecil.

Namun, jika yang wisata dalam banyak orang atau bahkan lebih banyak dari 5 orang mungkin akan memilih armada yang besar agar muat banyak orang. Bukan hanya itu saja, setiap orang pasti membawa barang dengan jumlah yang banyak pula sehingga membutuhkan ruang untuk berbagai barang yang lebih luas dengan armada besar.

  1. Pilih yang Memiliki Fasilitas Pelayanan Optimal

Yang selanjutnya adalah pilih yang memberikan fasilitas lengkap dan optimal. Biasanya untuk fasilitas sewa mobil di Bali itu ada 2 cara yaitu lepas kunci dan yang kedua adalah dengan sopir. Bagi Anda wisatawan yang terbiasa di Bali atau memang memiliki jiwa petualang sendiri maka lepas kunci bisa jadi pilihan. Dengan membawa mobil sendiri Anda akan lebih bebas dan juga lebih puas tanpa halangan.

Akan tetapi jika Anda merupakan wisatawan yang belum tahu sama sekali jalan-jalan di Bali dan hanya memiliki waktu yang tidak terlalu banyak untuk wisata maka bisa menggunakan jasa sopir yang telah disediakan oleh para jasa sewa mobil.

Bukan hanya soal dengan sopir dan lepas kunci saja, pilih juga para rental mobil yang memiliki fasilitas prima dan siap kapan saja menampung berbagai keluhan pelanggan. Yang namanya mesin terkadang mengalami kerusakan itu wajar, namun dengan tim yang tanggap maka mereka kan segera mendatangi tempat Anda dan mulai melakukan perbaikan yang tepat dan cepat.

  1. Pilih yang Mematok Harga yang Terjangkau

Yang selanjutnya dan yang paling penting adalah pilih yang harganya terjangkau. Untuk wisata di Bali apalagi dengan waktu yang terbatas maka Anda harus menghemat uang yaitu dengan memilih jasa sewa mobil yang mematok harga terjangkau. Dengan harga yang terjangkau maka perjalanan wisata Anda lebih menyenangkan, uang yang lebih bisa digunakan untuk yang lainnya baik untuk kepentingan wisata, penginapan, makan, atau yang lain sebagainya.

  1. Pilih yang Syaratnya Mudah untuk Dilakukan

Selanjutnya, pilih yang syaratnya mudah. Bagi seorang wisatawan tentunya membawa barang-barang yang sedikit sehingga dokumen yang mereka bawa pun pastinya juga sangat sedikit. Berbeda dengan orang pindah rumah pasti lah berbagai dokumen yang dimiliki akan dibawa  ke mana saja tujuannya.

Jadi, karena keterbatasan dokumen ini maka Anda harus menemukan jasa penyewaan mobil di Bali yang syaratnya sangat mudah. Ada beberapa yang syaratnya mudah ada yang susah, akan tetapi semakin banyak keperluan masyarakat akan mobil sewaan ini membuat banyak agen memberikan syarat yang mudah akan tetapi menjadi bukti yang kuat.

Apa Itu Sewa Mobil di Bali Lepas Kunci

Dari penjelasan sebelumnya kita tahu bahwa ada beberapa jenis layanan dari persewaan mobil di Bali. Salah satunya adalah sewa mobil Bali lepas kunci. Fasilitas seperti apa itu? Fasilitas yang satu ini adalah para agen sewa mobil membelikan keleluasaan bagi para wisatawan untuk membawa mobil sendiri tanpa menggunakan jasa sopir.

Cara yang satu ini banyak dipilih oleh para wisatawan pasalnya membuat wisata mereka lebih bebas. Fasilitas yang satu ini sangat cocok untuk mereka para wisatawan yang memiliki jiwa petualangan dan menyukai tantangan untuk bisa menemukan tempat wisata yang akan mereka kunjungi pada saat itu.

Berapa Harga Sewa Mobil di Bali?

Berbicara masalah harga, untuk menyewa mobil di Bali, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga berbeda. Jadi, tak heran jika mungkin Anda dan teman Anda dalam waktu yang sama atau pada waktu yang berbeda, sama-sama menyewa mobil akan tetapi harganya berbeda. Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhinya? Berikut penjelasannya secara lengkap:

  1. Tergantung Jasa Sewa Mobil yang Anda Gunakan

Harga sewa mobil di Bali ini harganya sangat tergantung dari jasa yang menawarkan.  Setiap jasa sewa mobil ini memiliki tarif sendiri-sendiri akan tetapi kebanyakan tidak jauh berbeda agar persaingan menjadi lebih sehat serta ekonomi masyarakat Bali dapat berjalan dengan baik dan semakin sukses.

Untuk mengetahui harga sewa suatu mobil, Anda bisa membandingkan antara satu perusahaan jasa dengan perusahaan yang lainnya dengan mudah menggunakan internet. Anda bisa melihat berbagai jenis website dan mulai membandingkannya maka akan terlihat ada yang murah dan ada juga yang mahal. Berbagai jasa sewa ini memiliki perhitungan pribadi yang cukup matang bahwa ada harga pasti ada kualitas.

  1. Tergantung Berapa Lama Anda Menyewa

Selanjutnya, harga juga sangat bergantung pada berapa lama Anda menyewa mobil. Mobil sewaan ini biasanya menerapkan tarif sesuai dengan lamanya Anda menyewa. Harganya bisa disesuaikan dengan waktu yang Anda pesan. Biasanya para jasa penyewaan mobil ini akan memberikan tarif untuk 3 jam, 6 jam, 12 jam, satu hari, dua hari, tiga hari, seminggu sebulan dan seterusnya sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh jasa tersebut.

Semakin lama Anda menyewa mobil tersebut tentunya juga akan lebih mahal. Harga untuk 6 jam dengan 1 bulan pastinya akan berbeda jauh. Namun, jika diteliti bahwa biaya dibagi per jam mungkin jatuhnya akan lebih murah yang lama.

  1. Tergantung Fasilitas Apa yang Anda Pilih

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa dalam suatu jasa penyewaan pastinya ada fasilitas standar yaitu dengan sopir atau lepas kunci. Sebagai wisatawan pastinya memiliki selera sendiri-sendiri yang sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak jarang pula berbagai rental mobil ini yang memilih untuk menyediakan salah satu fasilitas saja, misalnya hanya dengan sopir saja atau malah tidak menyediakan sopir sama sekali.

Hal ini sangat menentukan harganya. Biasanya untuk fasilitas dengan sopir harganya akan lebih mahal karena sopir ini memiliki peranan ganda bisa menjadi pengemudi atau bisa juga menjadi pemandu wisata sedangkan untuk yang lepas kunci semuanya tergantung pada wisatawan sendiri.

  1. Tergantung Armada apa yang Anda Gunakan

Harga juga sangat bergantung pada armada yang digunakan. Pada jasa rental mobil pastinya memiliki banyak sekali armada yang bisa Anda pilih untuk menemani perjalanan. Untuk julah wisatawan sedikit mungkin hanya membutuhkan mobil dengan ukuran kecil sedangkan untuk jumlah yang besar menggunakan armada yang lebih besar. Semakin besar armada pastinya juga akan semakin mahal.

Bukan hanya mengenai besar kecilnya armada saja yang mempengaruhi harga. Ternyata kualitas mobil pun juga sangat mempengaruhi. Untuk merek-merek mobil yang mewah dan juga berkualitas sudah menjadi barang tentu jika harganya lebih mahal dibandingkan dengan merek mobil biasa dan kualitasnya standar saja.

  1. Tergantung Waktu Anda Menyewa

Harga juga sangat bergantung pada waktu saat Anda menyewa. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Bali merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat.  Namun, Bali juga tidak setiap hari ramai dengan wisatawan, pada waktu-waktu biasa, biasanya para jasa rental ini menerapkan harga yang normal akan tetapi pada waktu high season seperti saat liburan sekolah, akhir tahun, hari raya, dan lain sebagainya harganya menjadi naik.

Hal ini tidak hanya terjadi untuk satu atau dua jasa rental saja akan tetapi secara umum melakukannya. Sehingga jika Anda datang pada musim liburan maka siap-siap saja dana yang lebih besar dibandingkan pada hari-hari biasa yang harganya cukup terjangkau.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Untuk Syarat Sewa Mobil di Bali?

Untuk sewa mobil Bali, tentunya tidak bisa hanya membayar saja akan tetapi dibutuhkan beberapa dokumen atau hal lain sebagai salah satu syarat utama untuk melakukan penyewaan mobil. Hal ini dilakukan demi keselamatan penyewa dan juga jasa sewa jika nantinya ada masalah yang tak terduga terjadi pada saat proses penyewaan mobil tersebut. Apa saja syarat dasar yang sering digunakan? Informasinya di bawah ini:

  1. Kartu Tanda Pengenal

Yang pertama adalah kartu pengenal. Untuk melakukan sewa mobil yang paling utama adalah menyerahkan kartu tanda pengenal. Salah satunya adalah KTP bagi WNI dan paspor bagi para wisatawan WNA. Ada yang harus memberikan KTP asli ada juga yang hanya meminta salinan KTP saja. Tanda pengenal ini lah yang akan disimpan sebagai barang bukti bahwa Anda yang membawa mobil tersebut.

  1. Kontak yang Bisa Dihubungi

Selanjutnya para penyewa ini juga harus menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Bagi Anda yang ingin menyewa mobil maka diharuskan untuk menyerahkan nomor yang aktif. Hal ini untuk memberikan pelayanan jika nantinya terjadi apa-apa pada saat penggunaan mobil. Anda sebagai penyewa memiliki nomor jasa penyewa dan begitu juga sebaliknya.

Ketika dalam masalah seperti adanya ban bocor, mobil macet, dan lain sebagainya maka mereka kan datang segera dengan membawa peralatan yang lengkap sehingga mobil segera dapat digunakan kembali. Selain itu, pihak jasa juga sangat penting memiliki nomor pelanggan untuk mengingatkan jika waktu penggunaan mobil sudah hampir selesai.

  1. SIM jika Lepas Kunci

Jika Anda menggunakan fasilitas sewa mobil di Bali lepas kunci maka Anda diwajibkan memiliki SIM atau surat izin mengemudi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para penumpang baik dari mara bahaya atau dari tilang oleh polisi. Jika sudah mempunyai SIM artinya telah bisa mengoperasikan kendaraan sehingga jasa penyewaan bisa yakin jika mobil di bawa oleh Anda ke mana saja tanpa adanya pengawasan kecuali GPS di dalam mobil.

Tips Saat Anda Melakukan Sewa Mobil di Kuta Bali yang Tepat?

Yang namanya berwisata dan sewa mobil tentunya yang dicari adalah kepuasan. Nah, untuk mendapatkan kualitas wisata dengan mobil sewaan yang memuaskan, Anda juga harus melakukan berbagai tips di bawah ini.

  1. Pastikan Surat-surat Mobil Lengkap dan Aktif

Tips yang pertama adalah pastikan semua surat-surat mobil lengkap. Surat-surat ini meliputi STNK atau surat izin penyewaan mobil. Pastikan mobil merupakan mobil milik jasa tersebut dan bukan mobil hasil penggelapan atau hasil curian agar ketika perjalanan Anda aman dari buronan polisi.

  1. Pastikan Mobil dalam Keadaan Prima

Yang kedua adalah pastikan bahwa mobil yang Anda sewa ini dalam keadaan yang prima. Cek kembali mesin-mesin, bahan bakar, lampu utama, lampu kota, lampu sein, ban, dan lain sebagainya. Biasanya sebelum digunakan, para pemilik jasa rental ini akan membengkelkan mobil secara teratur agar tetap prima untuk digunakan.

  1. Pastikan Mobil dalam Keadaan Bersih

Dan yang terakhir adalah pastikan bahwa mobil telah dibersihkan. Pastikan mobil sudah dicuci bersih dan dalamnya pun juga harus bersih. Pastikan tidak ada barang-barang yang mencurigakan di dalam mobil yang akan membahayakan Anda. Misalnya, sabu-sabu, rokok, ganja, dan berbagai hal yang berbahaya lainnya agar ketika dan pemeriksaan Anda aman karena bukan barang yang Anda miliki.

 

 

Apa Saja Keuntungan Sewa Mobil di Bali Saat Wisata?

Banyak pilihan transportasi di Bali yang bisa digunakan oleh wisatawan seperti yang telah sedikit disinggung di bagian atas. Namun, banyak orang memilih menyewa mobil dibandingkan dengan menggunakan transportasi yang lain. Apakah Anda tahu mengapa mereka melakukan hal tersebut? Berbagai hal yang menjadi alasan para wisatawan menggunakan sewa mobil adalah sebagai berikut:

  1. Bisa Melakukan Perjalanan ke Mana Saja dan Kapan Saja

Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa melakukan perjalanan ke mana saja dan kapan saja tanpa harus ada batasan. Anda bisa mengelilingi seluruh pulau Bali apalagi jika Anda menggunakan layanan lepas kunci. Tidak perlu takut ketinggalan transportasi karena mobil yang Anda miliki selalu ada kapan saja bahkan sampai malam hari pun bisa Anda gunakan untuk menjalankan aktivitas.

Inilah alasan banyak orang lebih memilih rental mobil dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Hal ini dikarenakan, transportasi umum terkadang memiliki jam operasional yang terbatas sehingga ketika belum puas bermain sudah waktunya untuk kembali karena jika tidak maka tidak ada transportasi lain.

Dengan transportasi pribadi dengan menyewa mobil di jasa persewaan ini maka kemanapun Anda mau bisa dilakukan. Bahkan sampai ke tempat yang terpencil pun bisa Anda lakukan asal dapat menjaga keselamatannya. Sehingga tidak perlu menunggu transportasi umum yang menghabiskan banyak waktu.

  1. Harganya Lebih Murah dan Lebih Efektif

Jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum, memilih menyewa mobil jatuhnya akan lebih murah dan juga lebih efektif. Bagaimana tidak? Dengan menggunakan transportasi umum, Anda harus berganti-ganti kendaraan dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya yang bahkan tarifnya bisa dimahalkan saat ada wisatawan asing.

Namun dengan menggunakan rental mobil maka Anda hanya perlu membayar satu kali saja seusai dengan waktu yang Anda pesan. Bahkan Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama hanya untuk mendapatkan transportasi. Belum lagi jika barang yang Anda bawa sangat banyak maka akan kesusahan jika menggunakan transportasi umum. Itulah mengapa banyak wisatawan lebih memilih menyewa mobil.

  1. Tidak ada Keterikatan Waktu saat Melakukan Wisata

Keuntungan yang lainnya adalah tidak ada lagi keterkaitan waktu saat melakukan wisata. Misalkan Anda ingin berburu matahari terbenam maka Anda bisa menikmatinya bahkan sampai malam hari. Anda tidak perlu lagi takut ketinggalan kendaraan padahal sunset belum terjadi. Dengan menggunakan alat transportasi pribadi dengan mode menyewa ini Anda bisa menikmati berbagai momen sepuasnya.

Bahkan ketika Anda ingin mencari makanan pada tengah malam pun bisa dilakukan. Tidak perlu bergantung pada transportasi umum yang pada tengah malam jarang ditemukan. Anda bisa berjalan-jalan malam di Bali sepuasnya untuk mencari kesenangan baik untuk mencari makan, mencari tempat nongkrong, atau sekadar mengisi waktu malam yang indah di Bali.

  1. Syaratnya Sangat Mudah

Tidak hanya soal waktu, harga, atau efektivitasnya saja kana tetapi syarat yang ditetapkan oleh para agen penyewaan mobil ini juga sangat mudah. Yang pertama dan yang paling utama adalah tanda pengenal. Anda hanya diperintahkan untuk menyerahkan KTP asli atau salinan KTP sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Anda juga hanya perlu melakukan tandatangan di atas materai mengenai beberapa peraturan yang telah ditetapkan. Dan yang paling penting apalagi jika Anda menggunakan fasilitas lepas kunci hanya diperlukan bukti kepemilikan SIM sebagai salah satu syarat untuk berkendara, Tidak perlu dokumen yang lain dan terlalu rumit.

  1. Bisa Digunakan untuk Bersama dan Membawa Barang yang Cukup Banyak

Keuntungan yang berikutnya adalah dapat membawa barang-barang yang banyak dan bisa muat banyak orang. Anda bisa berlibur dengan banyak orang dengan menggunakan penyewaan mobil ini tanpa harus terpisah jarak tempat duduk seperti saat sedang berada di angkutan umum.

Bahkan bagi Anda yang sering membawa peralatan dan kebutuhan yang sangat banyak bisa diletakkan di dalam mobil yang aman dan tidak perlu ribet membawanya ke tempat wisata. Hal ini juga sangat berkaitan erat dengan biaya yang harus dikeluarkan, jika Anda menyewa maka bisa iuran sehingga jatuhnya menjadi lebih murah.

Sewa Mobil Bali

Bagaimana Cara Sewa Mobil di Bali?

Setelah membahas berbagai hal tentang sewa mobil, lantas apakah Anda sudah bisa menyewa mobil yang tepat? Jika belum maka lebih baik Anda mengetahuinya terlebih dahulu agar nanti ketika sampai di Bali Anda tidak bingung lagi. Di bawah ini akan kita bahas mengenai beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyewa mobil yang umumnya hampir sama antara satu agen dengan yang lainnya:

  1. Cari Rental Mobil di Internet, Pilih yang Terpercaya

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari rental mobil di Internet. Cari dan pilih yang memiliki review atau penilaian dari pelanggan yang baik serta memiliki fasilitas yang sangat memuaskan. Dan jangan lupa juga soal harganya pilih yang pas dengan anggaran.

  1. Hubungi Lewat Kontak yang Disediakan

Setelah mendapatkan yang tepat, hubungi kontak yang tersedia di website mereka. Mulai dengan pesan Whatsapp, telepon, atau SMS agar cepat ditanggapi. Ada jasa penyewaan yang pada saat itu juga sudah percaya sehingga tidak perlu datang lagi ke kantor jasa.

  1. Tentukan Tempat Bertemu atau Datang Langsung ke Tempatnya

Jika sudah fix maka Anda bisa menjadwalkan untuk bertemu. Ada jasa yang mengharuskan Anda datang ke tempat ada juga yang bisa mengantarkan mobil langsung ke tempat yang sudah disepakati, misalnya di Bandara, Stasiun, Terminal, atau di tempat wisata favorit Anda. Namun, jika mereka hanya menyediakan layanan tatap  muka di kantor maka Anda bisa langsung ke sana.

  1. Lakukan Diskusi dan Survei Kendaraan

Selanjutnya lakukan diskusi dengan pemilik jasa sewa tersebut. Lakukan diskusi mengenai fasilitas yang Anda gunakan, berapa lama mobil akan Anda sewa, berapa harganya, armada apa yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Jika sudah sepakat jangan lupa untuk melakukan survei kendaraan, pastikan prima dan sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Serahkan Persyaratan, Persetujuan dan Lakukan Pembayaran

Berikutnya, serahkan persyaratannya, lakukan persetujuan dengan melakukan tandatangan di atas surat pernyataan dan selanjutnya Anda harus melakukan pembayaran. Ada jasa yang mengharuskan lunas pada saat itu juga dan ada pula yang memperbolehkan untuk membayar uang mukanya terlebih dahulu.

  1. Selamat Berwisata

Setelah sepakat maka Anda akan langsung diberikan kunci mobil dan Anda bisa langsung membawanya melakukan wisata. Jika Anda memilih fasilitas dengan sopir maka Anda tinggal duduk di mobil dengan tenang lalu semua kendali sudah akan dibawa oleh sopir. Anda tinggal mengatakan saja ingin ke mana atau yang sebelumnya telah direncanakan oleh pemilik jasa.

  1. Kembalikan Mobil Sesuai Tempat yang Disetujui

Ketika waktu penyewaan sudah selesai maka selanjutnya adalah mengembalikan mobil. Bagi Anda yang menggunakan sopir maka mobil akan dibawa pulang oleh sopir atau menuju kantor untuk pengembalian kartu tanda pengenal. Namun ada juga yang memberikan pelayanan bertemu di suatu tempat sehingga pihak jasa akan membawakan Anda tanda pengenal dan dokumen lain lalu ketika bertemu, mobil dibawa dan dokumen di tangan Anda.

  1. Bayar Denda Jika Ada

Jika ada kelebihan waktu dari kesepakatan awal, maka Anda juga diharuskan untuk membayar denda. Selain itu, ketika Anda membayar uang muka saja di awal bisa melunasinya pada saat mengembalikan mobil yang Anda sewa sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu dari sewa mobil Bali yang bisa menemani Anda bersama dengan teman atau kerabat untuk berwisata aman dan nyaman. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang yang tinggi tidak ada salahnya berwisata dengan menyewa mobil bahkan untuk berhari-harian untuk perjalanan wisata ke mana saja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Comment